Senin, 08 Agustus 2011

PERANGKAT JARINGAN

1. ROUTER


Router adalah sebuah device atau perangkat jaringan, yang berfungsi untuk meneruskan paket-paket
dari sebuah network / jaringan ke network lainnya, sehingga host-host yang ada pada sebuah network/jaringan
dapat berkomunikasi dengan host-host yang ada pada network/jaringan yang lain.
Router menghubungkan network-network tersebut pada network layer dari model OSI, sehingga secara teknis
Router adalah layer 3 Gateway. 1 Router bisa berubah menjadi sebuah Device yang dirancang
khusus untuk berfungsi sebagai Router (dedicated router). atau bisa juga berupa sebuah PC yang di fungsikan sebagai Router.

Untuk memfungsikannya, kita harus melalu sebuah proses yang diNamakan Proses Routing.
SINGKATNYA ( router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya atau bisa juga sebagai Mencari jalan tercepat untuk mencapai tujuan).
Dan router pun berbeda denga Switch. kalo switch merupakan penghubung beberapa Alat atau komputer untuk membentuk suatu LAN ( Local Area Network)
Untuk LAN lain kali kita akan bahas.

ada beberapa jenis Router :
1. Router Aplikasi
2. Router Hardware
3. Router PC

Untuk pengertian dan maksud dari ke tiga jenis Router ini akan saya buat lain waktu. karna ini juga adalah tugas yang di
berikan Oleh Guru Produktif saya. takut pembahasan Tentang Routernya ngawur ngidul.
yang penting pengertian dan fungsinya jelas.
terimakasih. ma'af kalau masih ada pembahasan yang kurang jelas.
GAMBAR 1.1 ITU HANYA 1 CONTOH GAMBAR ROUTER, sengaja saya hanya menampilkan satu, agar tidak begitu banyak gambar yang dapat memberatkan blog.







MODEM adalah singkatan dari MOdulator DEModulator.
MOdulator adalah merupakan bagian yang mengubah sinyal Informasi kedalam sinyal Pembawa dan siap untuk dikirimkan,
sedangkan DEmodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi ( yang berisi data atau Pesan)
dari sinyal pembawa yang di terima sehinnga informasi tersebut dapat di terima dengan baik.
JIKA Di sekolah saya modem bisa di Artikan Sebagai ( adalah Perangkat yang merubah sinyal, yaitu dari sinyal digital menjadi sinyal analog, atau sinyal analog menjadi sinyal digital).
naaah.. setelah di ubah - ubah, atau sudah sampai tujuan, sinyal tersebut dikirimkan lagi kepada komputer.

Dan secara fisik, modem terdapat dua jenis, yaitu modem eksternal dan modem internal.
untuk pembahasannya nanti Insya Allah akan saya POSt kan.. Terima kasih..




CSU/DSU sama seperti Modem, hanya saja CSU/DSU mengirim data dalam format digital melalui jaringan telephone digital. CSU/DSU biasanya berupa kotak fisik yang merupakan dua unit yang terpisah: CSU atau DSU
Sebuah CSU / DSU (Channel Service Unit / Data Service Unit) adalah antarmuka digital-alat yang digunakan untuk menghubungkan Data Terminal Equipment perangkat atau DTE, seperti router, untuk rangkaian digital (misalnya T1 atau T3 line).

Sebuah CSU / DSU beroperasi pada la
pisan fisik (lapisan 1) dari model OSI.
CSU / DSUs juga dibuat sebagai produk fisik terpisah; CSUs dan DSUs.
The DSU atau kedua fungsi tersebut dapat dimasukkan sebagai bagian dari kartu antarmuka dimasukkan ke dalam DTE.
Jika CSU / DSU adalah eksternal, maka antarmuka DTE biasanya kompatibel dengan V.xx atau RS-232C atau interface serial serupa.
untuk CSU/DSU saya tidak begitu tau Jelas, hhe..

  
 4.Hub atau Concentrator
Hub adalah perangkat jaringan yang terdiri dari banyak port untuk menghubungkan Node atau titik hup-dan-switch.jpgsehingga membentuk jaringan yang saling terhubung dalam topologi star. Jika jumlah port yang tersedia tidak cukup untuk menghubungkan semua komputer yang akan dihubungkan ke dalam satu jaringan dapat digunakan beberapa hub yang dihubungkan secara up-link.
Port yang tersedia biasanya sampai 8, 16, 24 atau lebih banyak sesuai kebutuhan Anda. Untuk kecepatan, Anda dapat menggunakan HUB 10 atau Switch 10/100. Sebaiknya menggunakan 10/100 karena dapat digunakan untuk jaringan berkecepatan maksimal 10 atau 100. Hub ada yang mendukung pemggunaan kabel coax yang menukung topologi BUS dan UTP yang mendukung topologi STAR. Namun type terbaru cenderung hanya menyediakan dukungan untuk penggunaan kabel UTP.

5.Bridge

Bridge digunakan untuk menghubungan antar jaringan yang mempunyai protokol yang sama. Hasil akhirnya adalah jaringan logis tunggal. Bridge juga dapat digunakan jaringan yang mempunyai media fisik yang berbeda. Contoh jaringan yang menggunakan fiber obtik dengan jaringan yang menggunakan coacial.
Bridge mempelajari alamat tujuan lalulintas yang melewatinya dan mengarahkan ke tujuan. Juga digunakan untuk menyekat jaringan. Jika jaringan diperlambat dengan adanya lalulintas yang penuh maka jaringan dapat dibagi menjadi dua kesatuan yang lebih kecil.

 6.Switch
Merupakan pengembangan dari konsep Bridge. Ada dua arsitektur dasar yang digunakan pada switch, yaitu cut-through dan store and forward. Switch cut-through mempunyai kelebihan di sisi kecepatan karena ketika sebuah paket datang, switch hanya memperhatikan alamat tujuan sebelum diteruskan ke segmen tijuannya, sedangkan switch store and forward merupakan kebalikannya. Switch ini menerima dan memeriksa seluruh isi paket sebelum meneruskannya ke tujuan dan untuk memeriksa satu paket merlukan waktu, tetapi proses ini memungkinkan switch mengetahui adanya kerusakan pada paket data dan mencegahnya agar tidak mengganggu jaringan.
Dengan Swith terdapat beberapa kelebihan karena semua segmen jaringan memiliki bandwidth 10 Mbps penuh. Tidak terbagi seperti share network pada penggunaan 

7.Router
Router tidak mempunyai kemampuan untuk mempelajari, namun dapat menentukan path (alur) data antara dua jaringan yang paling eficien. Router beroperasi pada lapisan Network (lapisan ketiga OSI.). Router tidak mempedulikan topologi dan tingkat acces yang digunakan oleh jaringan.  Karena ia beroperasi pada lapisan jaringan. Ia tidak dihalangi oleh media atau protokol komunikasi. Bridge mengetahui tujuan ahir paket data, Router hanya mengetahui dimana router berikutnya ditempatkan. Ia dapat digunakan untuk menghubungkan jaringan yang menggunakan protokol tingkat tinggi yang sama.
Jika paket data tiba pada router, ia menentukan rute yang terbaik bagi paket dengan mengadakan pengecekan pada tabel router. Ia hanya melihat hanya melihat paket yang dikirimkan kepadanya oleh router sebelumnya.
   
8.Access Point

Dalam jaringan Wi-fi, jalur akses biasanya akan membuat broadcast SSID secara teratur. Fitur ini secara default aktif dan sengaja dibiarkan aktif dalam hotspot yang diperuntukkan bagi masyarakat. Jika titik akses dipasang di rumah, Anda harus tahu SSID karena youown set.


Jadi, Anda tidak lagi perlu mengerahkan SSID. Dengan cara itu, jalur akses Anda akan disembunyikan dan tetap swasta karena tidak diketahui orang lain. Selain aman, tetangga atau orang yang lewat iseng-iseng jadi saya tahu ada jaringan nirkabel di rumah Anda.



Untuk menyembunyikan keberadaan titik akses adalah berikut:

    1. Buka Browser Anda, kemudian login jalur akses IP Anda.
    2. Pada tab Pengaturan Dasar, masuk ke Pengaturan \ Nirkabel.
    3. Hapus tanda centang di depan pilihan "Enable SSID Broadcast".
    4. Klik Simpan untuk menyimpan pengaturan.



9.Repeater 
Seperti umumnya suatu sinyal listrik yang dikirim lewat suatu media perantara, semakin jauh dari pemancar akan semakin melemah sehingga pada suatu tempat tertentu sinyal tersebut tidak dapat lagi diterima dengan baik. Repeater adalah suatu peralatan jaringan yang berfungsi untuk memperkuat sinyal yang dikirim agar dapat diteruskan ke komputer lain pada jarak jauh. Repeater bekerja pada lapisan physical. 

10.NIC (Network Interface Card)
Gambar 12: NIC


NIC (Network Interface Card) atau Kartu Jaringan (LAN Card) merupakan peralatan yang berhubungan langsung dengan komputer dan didesain agar komputer-komputer jaringan dapat saling berkomunikasi. NIC juga menyediakan akses ke media fisik jaringan. Bagaimana bit-bit data ( seperti tegangan listrik, arus, gelombang elektromagnetik, dan besaran fisik lainnya ) dibentuk akan ditentukan oleh NIC.
NIC merupakan contoh perangkat yang bekerja pada layer pertama yaitu layer physical. Akan tetapi, ada yang berpendapat lain tentang hal ini. NIC seperti Ethernet card, ARCnet card, dan yang lainnya memiliki MAC address atau alamat hardware yang unik. MAC address ini digunakan sebagai control data communication untuk setiap host di suatu jaringan. Ditinjau dari cara pengaturan akses host terhadap pemakaian media jaringan menggunakan MAC address, maka NIC dapat dikategorikan sebagai peralatan yang bekerja pada layer 2 yaitu  layer data link.
11.KONEKTOR 

   Komponen Jaringan: Konektor Oleh Faisal Akib Konnektor merupakan pengubung antara kabel yang digunakan sebagai media transmisi dengan komponen dimana kabel tersebut akan dihubungkan, misalnya ke komputer atau peralatan jaringan lainnya. Tiap jenis kabel memiliki konektor yang berbeda-beda. Konektor BNC terdiri atas BNC T Connector, BNC Connector dan Terminator. Jenis konektor ini digunakan pada kabel coaxial.

1. Conector RJ 45
Sebagai penghubung antara kabel jaringan dengan kartu jaringan maka dibutuhkan Konektor yaitu konektor RJ45, konektor ini nantinya dipasang pada masing-masing ujung kabel yang akan digunakan untuk menghubungkan komputer dengan komputer ataupun Komputer ke HUB.

0 komentar:

Posting Komentar